Komunikasi
A. Pengertian
Komunikasi
Komunikasi
adalah pemberian informasi yang didalamnya terdapat sender dan receiver dimana
seseorang saling berinteraksi dengan bahasa verbal maupun nonverbal untuk
mencapai tujuan sebuah organisasi.
B. Faktor
yang mempengaruhi komunikasi
Banyak
hal yang dapat mempengaruhi komunikasi diantaranya :
1. Latar
belakang budaya
Semakin sama latar
belakang budaya antara komunikator dengan komunikan maka komunikasi akann
semakinn efektif.
2. Ikatan
dengan kelompok atau grup
Nilai-nilai yang dianut
oleh suatu kelompok sangat mempengaruhi cara mengamati pesan.
3. Harapan
Harapan mempengaruhi
penerimaan pesan, sehingga dapat menerima pesan sesuai dengan yang diharapkan.
Semakin tinggi pendidikan akan semakin kompleks sudut pandang dalam menyikapi
isi pesan yang disampaikan.
C. Proses
Komunikasi
Information Understanding
Sender Encoding Message Decoding Recover
D. Prinsip
Komunikasi
1. Penuh
minat terhadap materi pesan
2. Menarik
perhatian bagi komunikan
3. Dilengkapi
alat peraga
4. Menguasai
materi pesan
5. Mengulangi
bagian yang penting
6. Memiliki
kegunaan
7. Jangan
menganggap bahwa setiap orang sudah mengerti pesan yang kita berikan (perlu
umpan balik)
E. Tujuan
Komunikasi
Tujuan
komunikasi adalah untuk membangun/menciptakan pemahaman atau pengertian bersama.
Saling memahami atau mengerti bukan berarti harus menyetujui, tetapi mungkin
dengan komunikasi terjadi suatu perubahan sikap, pendpat, perilaku ataupun
perubahan secara sosial.
F. Manfaat
komunikasi
1. To
inform; manfaat utama dan pertama dari komunikasi adalah menyampaikan pesan
atau informasi agar komunikan dpat mengetahui sesuatu.
2. To
educate; diharapkan dalam komunikasi ada penyebarluasan informasi yang mendidik
atau menambah pengetahuan.
3. Instruksi;
manfaat komunikasi untuk memberikan instruksi/perintah untuk melakukan sesuatu.
4. To
influence; manfaat komunikasi untuk mempengaruhi yaitu menyebarluaskan
informasi yang dapat mempengaruhi/mengubah sikap penerima agar dia menentukan
sikap dan prilaku yang sesuai dengan kehendak pengirim.
5. To
entertain; manfaat komunikasi adalah agar pengirim pesan atau informasi
mengirmikan pesan-pesan yang mengandung hiburan agar penerima dapat menikmati
apa yang disampaikan.
G. Fungsi
Komunikasi
1. Kendali
2. Motivasi
3. Pengungkapan
emosional
4. Informasi
H. Macam-macam
Komunikasi
1. Komunikasi
searah
Komunikastor
mengirim pesannya melalui saluran atau media dan direima oleh komunikan tetapi
komunikan tersebut tidak memberikan feedback.
2. Komunikasi
dua arah
Komunikator
mengirim pesan atau berita diterima oleh komunikan, setelah diterima kemudian
komunikan mengirimkan umpan baliknya.
3. Komunikasi
berantai
Komunikan
menerima pesan dari komunikator kemudian disalurkan kepada komunikan kedua,
dari komunikan kedua disampaikan kepada komunikan ketiga dan seterusnya.
I. Bentuk-bentuk
Komunikasi
1. Komunikasi
vertical
Komunikasi
dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas..Misalnya, komunikasi pimpinan dengan
bawahan.
2. Komunikasi
Horizontal
Komunikasi
secara mendatar, misalnya komunikasi antara karyawan dengan karyawan.
3. Komunikasi
Diagonal
Komunikasi
yang sering disebut juga komunikasi silang, yaitu komunikasi seseorang dengan
orang lain yang dimana saling berbeda dalam kedudukan dan bagian.
J. Gaya
Komunikasi
1. The
controlling style
Gaya
komunikasi yang bersifat mengendalikan ini, ditandai dengan adanya satu kehendak
atau maksud untuk membatasi, memaksa dan mengatur prilaku, pikiran dan
tanggapan orang lain.
2. The
Equalitarian style
Gaya
komunikasi ini ditandai dengan berlakunya arus penyebaran pesan-pesan verbal
secara lisan maupun tertulis yang bersifat dua arah. Dalam gaya ini, komunikasi
dilakukan secara terbuka.
3. The
structuring style
Gaya
komunikasi yang terstruktur ini, bermanfaat untuk menyampaikan pesan secara
verbal guna menetapkan perintah yang harus dilaksanakan, penjadwalan tugas dan
pekerjaan serta striktur organisasi.
4. The
dynamic style
Gaya
komunikasi yang dinamis ini, memiliki kecendrungan agresif karena sender
memahami bahwa lingkungan pekerjaannya berorientasi pada tindakan.
5. The
relingushing
Gaya
komunikasi ini lebiih mencerminkan kesediaan untuk menerima sara, pendapat
ataupun gagasan orang lain daripada keinginan untuk memerintah meskipun sender
mempunyai hak untuk member perintah.
6. The
withdrawal style
Jika
gaya komunikasi ini digunakan maka akan
berakibat pada melemahnya tindak komunikasi, artinya tidak ada keinginan dari
orang-orang yang memakai gaya ini untuk berkomunikasi dengan orang lain karena
ada beberapa persoalan ataupun kesulitan yang dihadapi oleh orang-orang
tersebut.
K. Hambatan-hambatan
Komunikasi
1. Filtering
2. Selective
perception
3. Information
overload
4. Emotions
5. Language
6. Silence
7. Communication
apprehension
8. Gender
differences
9. Politically
correct comuication
10. Personal
barriers
11. Physical
barriers
12. Semantic
barriers
L. Teknik
Berkomunikasi Secara Efektif
1. Melakukan
kontak mata
2. Hindari
lah untuk mengevaluasi lebih awal terhadap pembicara
3. Hindari
pemberian bumbu-bumbu waktu pembicaraan dengan oranglain
4. Jangan
mencampuri pemikiran orang lain yang sedang berbicara atau memotong pembicaraan
orang lain
5. Jangan
menghindarkan diri untuk mendengarkan si pembicara
6. Jangan
menginterupsi pembicaraan oranglain
7. Hindari
kecurigaan terhadap yang dibicarakan orang lain
8. Jangan
perhatikan orangnya, tetapi isi pembicaranya
9. Jangan
munafik terhadap diri sendiri
10. Dengarlah si pembicara
11. Konsentrasilah pada lawan bicara
Comments
Post a Comment