Struktur Organisasi
A. Definisi Para Ahli
1. Menurut Hebert A. Simon, Donald W. Smithburg dan Victor A. Thompson,
Organisasi adalah suatu sistem terencana mengenai usaha kerja sama
dimana setiap peserta mempunyai peranan yang diakui untuk dijalankan dan
kewajiban-kewajiban atua tugas-tugas untuk dilaksanakan.
2. Menurut Robbins, menyatakan struktur organisasi menetapkan bagaimana
tugas akan dibagi, siapa melapor pada siapa, serta mekanisme koordinasi
yang formal dan pola interaksi yang akan diikuti.
3. Menurut S. Reksohadiprodjo dan T.H. Handoko, struktur organisasi
merupakan suatu kerangka yang menunjukkan seluruh kegiatan untuk
pencapaian tujuan organisasi, hubungan antar fungsi, serta wewenang dan
tanggung jawab.
B. Komponen Dasar Struktur Organisasi
a. Kompleksitas, yaitu mempertimbangkan tingkat diferensiasi yang ada dalam organisasi.
b. Formalisasi, tingkat sejauh mana sebuah organisasi menyandarkan dirinya kepada peraturan dan prosedur untuk mengatur perilaku para pegawainya.
c. Sentralisasi, mempertimbangkan dimana letak dari pusat pengambilan keputusan.
b. Formalisasi, tingkat sejauh mana sebuah organisasi menyandarkan dirinya kepada peraturan dan prosedur untuk mengatur perilaku para pegawainya.
c. Sentralisasi, mempertimbangkan dimana letak dari pusat pengambilan keputusan.
C. Hubungan Vertical dan Horizontal dalam Struktur Organisasi
1. Bentuk Vertikal, dalam bentuk ini sistem organisasi pimpinan sampai
organisasi atau pejabat yang lebig rendah digariskan dari atas kebawah
secara vertikal.
2. Bentuk Mendatar, dalam bentuk ini saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun atau digariskan dari kiri kearah kanan atau sebaliknhya.
2. Bentuk Mendatar, dalam bentuk ini saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun atau digariskan dari kiri kearah kanan atau sebaliknhya.
3. Bebtu Lingkaran, dalam bentuk lingkaran saluran wewenangnya dari
pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat terendah
disusun dari pusat lingkaran kearah bidang lingkaran.
4. Bentuk setengah lingkaran, dalam bentuk ini saluran wewenangya dari
pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang
terendah disusun dari pusat lingkaran kearah bidang bawah lingkaran atau
sebaliknya.
5. Bentuk Eliptical, dalam bentuk ini saluran wewenangnya dari pucuk
pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendaj
digambarkan dengan pusat elips kearah bidang elips.
6. Bentuk piramid terbalik, dalam bentuk ini saluran wewenang dari pucuk
pimpinan sampai dengan organisasi atau pejabat terndah digambarkan
dalam susunan berbentuk piramid terbalik.
Element Utama Struktur Organisasi
Kompleksitas, kompleksitas struktur menggambarkan derajat
diferensiasi dalam suatu organisasi, baik diferensiasi horizontal,
vertical maupun spasial.
Fungsi atau Kegunaan Struktur dalam Organisasi
a. Kejelasan tanggungjawab
b. Kejelasan Kedudukan
c. Kejelasan Uraian tugas
a. Kejelasan tanggungjawab
b. Kejelasan Kedudukan
c. Kejelasan Uraian tugas
D. Perancangan Organisasi
Faktor-faktor utama penentu perancangan struktur organisasi :
1. Strategi organisasi untuk mencapai tujuannya. strategi akan
menjelaskan bagaimana aliran wewenang dan saluran komunikasi dapat
disusun diantara para manajer dan bawahan.Aliran kerja sangat
dipengaruhi oleh strategi, sehingga bila strategi berubah mak struktur
organisasi berubah.
2. Tekhnologi yang digunakan. Perbedaan teknologi yamg digunakan untuk
memproduksi barang-barang atau jasa akan membedakan bentuk struktur
organisasi, sebagai contoh perusahaan mobil yang mempergunakan teknologi
industri massal akan memerlukan tingkat standarisasi dan spesialisasi
yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan industri pakain jadi yang
mengutamakan perubahan mode.
3. Anggota (karyawan) dan orang-orang yang terlibat dalam organisasi.
Kemampuan mereka untuk bekerjasama harus diperhatikan dalam merancang
struktur organisasi. Kebutuhan manajer dalam pembuatan keputusan juga
akan mempengaruhi saluran komunikasi, wewenang dan hungan diantara
satuan-satuan kerja pada rancangan struktur organisasi seperti
pelanggan, supplier dan sebagainya perlu dipertimbangkan dalam
penyusunan struktur.
4. Ukuran organisasi besarnya organisasi secara keseluruhan maupun
satuan-satuan kerjanya akan sangat mempengaruhi struktur organisasi akan
semakin kompleks dan harus dipilih bentuk struktur yang tepat.
Comments
Post a Comment