Monitoring

    A.   Pengertian
Pengawasan adalah suatu proses pemantauan untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan suatu kegiatan untuk mengambil suatu keputusan.
    B.   Fungsi Pengawasan (menurut Ernie dan Saefulah) :
1.    Mengevaluasi keberhasilan dan pencapaian tujuan serta target sesuai dengan indicator yang ditetapkan.
2.    Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
3.    Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan perusahaan.
    C.   Sistem Pengawasan
1.    Sistem Komperatif
Mempelajari laporann kemajuan pekerjaan, membandingkan laporan hasil-hasil pelaksanaan pekerjaan dengan rencana.
2.    Sistem Verikatif
Menentukan ketentuan-ketentuan yang verhubungan dengan prosedur pemeriksaan.
3.    Sistem Inspeksi
Inspeksi dimaksudkan untuk mengecek kebenaran dari hasil laporan.
4.    Sistem Investigasi
Sistem ini lebih menitikberatkan pada penyelidikan/penelitian yang lebih mendalam terhadap masalah-masalah yang bersifat negatif.
    D.   Objek Pengawasan
1.    Kuantitas dan kualitas program
2.    Biaya program
3.    Pelaksanaan
4.    Hal hal yang bersufat khusus
    E.   Pengawasan yang efektif menurut Stoner, harus memenuhi persyaratan yaitu :
1.    Ketepatan
2.    Sesuai waktu
3.    Objektif dan kompeherensif
4.    Focus pada titik pengawasan strategis
5.    Realistis secara ekonomis
6.    Realistis secara organisatoris
7.    Terkoordinasi dengan aliran kerja organisasi
8.    Luwes
9.    Perspektif dan operasional
10. Dapat diterima para anggota organisasi
    F.    Metode Pengawasan
1.    Melalui laporan khusus dan hasil analisis yang dilakukan terhadap laporan khusus.
2.    Melalui data statistik
3.    Melalui internal audit
4.    Melalui alat alat elektronik
    G.   Proses Pengawasan
1.    Mengukur hasil yang telah dicapai
2.    Evaluasi implementasi
3.    Memperbaiki penyimpangan yang telah terjadi
    H.   Faktor-Faktor yang Membuat Pengawasan Diperlukan :
1.    Perubahan lingkungan organisasi
2.    Peningkatan kompleksitas
3.    Kesalahan kesalahan
4.    Kebutuhan manajer untuk mendelegasikan wewenang.

Comments

Popular posts from this blog

Perencanaan

Sistem Desain Kerja

Pengertian, Konsep Dasar, dan Fungsi Manajemen