Struktur Organisasi

A. Definisi Para Ahli
1. Menurut Hebert A. Simon, Donald W. Smithburg dan Victor A. Thompson, Organisasi adalah suatu sistem terencana mengenai usaha kerja sama dimana setiap peserta mempunyai peranan yang diakui untuk dijalankan dan kewajiban-kewajiban atua tugas-tugas untuk dilaksanakan.
2. Menurut Robbins, menyatakan struktur organisasi menetapkan bagaimana tugas akan dibagi, siapa melapor pada siapa, serta mekanisme koordinasi yang formal dan pola interaksi yang akan diikuti.
3. Menurut S. Reksohadiprodjo dan T.H. Handoko, struktur organisasi merupakan suatu kerangka yang menunjukkan seluruh kegiatan untuk pencapaian tujuan organisasi, hubungan antar fungsi, serta wewenang dan tanggung jawab.
B. Komponen Dasar Struktur Organisasi
a. Kompleksitas, yaitu mempertimbangkan tingkat diferensiasi yang ada dalam organisasi.
b. Formalisasi, tingkat sejauh mana sebuah organisasi menyandarkan dirinya kepada peraturan dan      prosedur untuk mengatur perilaku para pegawainya.
c. Sentralisasi, mempertimbangkan dimana letak dari pusat pengambilan keputusan.
C. Hubungan Vertical dan Horizontal dalam Struktur Organisasi
1. Bentuk Vertikal, dalam bentuk ini sistem organisasi pimpinan sampai organisasi atau pejabat yang lebig rendah digariskan dari atas kebawah secara vertikal.

2. Bentuk Mendatar, dalam bentuk ini saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun atau digariskan dari kiri kearah kanan atau sebaliknhya.
3. Bebtu Lingkaran, dalam bentuk lingkaran saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat terendah disusun dari pusat lingkaran kearah bidang lingkaran.
4. Bentuk setengah lingkaran, dalam bentuk ini saluran wewenangya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran kearah bidang bawah lingkaran atau sebaliknya.
5. Bentuk Eliptical, dalam bentuk ini saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendaj digambarkan dengan pusat elips kearah bidang elips.
6. Bentuk piramid terbalik, dalam bentuk ini saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan organisasi atau pejabat terndah digambarkan dalam susunan berbentuk piramid terbalik.
Element Utama Struktur Organisasi
 Kompleksitas, kompleksitas struktur menggambarkan derajat diferensiasi dalam suatu organisasi, baik diferensiasi horizontal, vertical maupun spasial.
Fungsi atau Kegunaan Struktur dalam Organisasi
a. Kejelasan tanggungjawab
b. Kejelasan Kedudukan
c. Kejelasan Uraian tugas
D. Perancangan Organisasi
Faktor-faktor utama penentu perancangan struktur organisasi :
1. Strategi organisasi untuk mencapai tujuannya. strategi akan menjelaskan bagaimana aliran wewenang dan saluran komunikasi dapat disusun diantara para manajer dan bawahan.Aliran kerja sangat dipengaruhi oleh strategi, sehingga bila strategi berubah mak struktur organisasi berubah.
2. Tekhnologi yang digunakan. Perbedaan teknologi yamg digunakan untuk memproduksi barang-barang atau jasa akan membedakan bentuk struktur organisasi, sebagai contoh perusahaan mobil yang mempergunakan teknologi industri massal akan memerlukan tingkat standarisasi dan spesialisasi yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan industri pakain jadi yang mengutamakan perubahan mode.
3. Anggota (karyawan) dan orang-orang yang terlibat dalam organisasi. Kemampuan mereka untuk bekerjasama harus diperhatikan dalam merancang struktur organisasi. Kebutuhan manajer dalam pembuatan keputusan juga akan mempengaruhi saluran komunikasi, wewenang dan hungan diantara satuan-satuan kerja pada rancangan struktur organisasi seperti pelanggan, supplier dan sebagainya perlu dipertimbangkan dalam penyusunan struktur.
4. Ukuran organisasi besarnya organisasi secara keseluruhan maupun satuan-satuan kerjanya akan sangat mempengaruhi struktur organisasi akan semakin kompleks dan harus dipilih bentuk struktur yang tepat.

Comments

Popular posts from this blog

Perencanaan

Sistem Desain Kerja

Pengertian, Konsep Dasar, dan Fungsi Manajemen