Komunikasi

    A.   Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah pemberian informasi yang didalamnya terdapat sender dan receiver dimana seseorang saling berinteraksi dengan bahasa verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan sebuah organisasi.
    B.   Faktor yang mempengaruhi komunikasi
Banyak hal yang dapat mempengaruhi komunikasi diantaranya :
1.    Latar belakang budaya
Semakin sama latar belakang budaya antara komunikator dengan komunikan maka komunikasi akann semakinn efektif.
2.    Ikatan dengan kelompok atau grup
Nilai-nilai yang dianut oleh suatu kelompok sangat mempengaruhi cara mengamati pesan.
3.    Harapan
Harapan mempengaruhi penerimaan pesan, sehingga dapat menerima pesan sesuai dengan yang diharapkan. Semakin tinggi pendidikan akan semakin kompleks sudut pandang dalam menyikapi isi pesan yang disampaikan.
    C.   Proses Komunikasi
Information                                                                                Understanding
           
Sender            Encoding           Message            Decoding          Recover
    D.   Prinsip Komunikasi
1.    Penuh minat terhadap materi pesan
2.    Menarik perhatian bagi  komunikan
3.    Dilengkapi alat peraga
4.    Menguasai materi pesan
5.    Mengulangi bagian yang penting
6.    Memiliki kegunaan
7.    Jangan menganggap bahwa setiap orang sudah mengerti pesan yang kita berikan (perlu umpan balik)
    E.   Tujuan Komunikasi
Tujuan komunikasi adalah untuk membangun/menciptakan pemahaman atau pengertian bersama. Saling memahami atau mengerti bukan berarti harus menyetujui, tetapi mungkin dengan komunikasi terjadi suatu perubahan sikap, pendpat, perilaku ataupun perubahan secara sosial.
    F.    Manfaat komunikasi
1.    To inform; manfaat utama dan pertama dari komunikasi adalah menyampaikan pesan atau informasi agar komunikan dpat mengetahui sesuatu.
2.    To educate; diharapkan dalam komunikasi ada penyebarluasan informasi yang mendidik atau menambah pengetahuan.
3.    Instruksi; manfaat komunikasi untuk memberikan instruksi/perintah untuk melakukan sesuatu.
4.    To influence; manfaat komunikasi untuk mempengaruhi yaitu menyebarluaskan informasi yang dapat mempengaruhi/mengubah sikap penerima agar dia menentukan sikap dan prilaku yang sesuai dengan kehendak pengirim.
5.    To entertain; manfaat komunikasi adalah agar pengirim pesan atau informasi mengirmikan pesan-pesan yang mengandung hiburan agar penerima dapat menikmati apa yang disampaikan.
    G.   Fungsi Komunikasi
1.    Kendali
2.    Motivasi
3.    Pengungkapan emosional
4.    Informasi
    H.   Macam-macam Komunikasi
1.    Komunikasi searah
Komunikastor mengirim pesannya melalui saluran atau media dan direima oleh komunikan tetapi komunikan tersebut tidak memberikan feedback.
2.    Komunikasi dua arah
Komunikator mengirim pesan atau berita diterima oleh komunikan, setelah diterima kemudian komunikan mengirimkan umpan baliknya.
3.    Komunikasi berantai
Komunikan menerima pesan dari komunikator kemudian disalurkan kepada komunikan kedua, dari komunikan kedua disampaikan kepada komunikan ketiga dan seterusnya.
    I.      Bentuk-bentuk Komunikasi
1.    Komunikasi vertical
Komunikasi dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas..Misalnya, komunikasi pimpinan dengan bawahan.
2.    Komunikasi Horizontal
Komunikasi secara mendatar, misalnya komunikasi antara karyawan dengan karyawan.
3.    Komunikasi Diagonal
Komunikasi yang sering disebut juga komunikasi silang, yaitu komunikasi seseorang dengan orang lain yang dimana saling berbeda dalam kedudukan dan bagian.
    J.    Gaya Komunikasi
1.    The controlling style
Gaya komunikasi yang bersifat mengendalikan ini, ditandai dengan adanya satu kehendak atau maksud untuk membatasi, memaksa dan mengatur prilaku, pikiran dan tanggapan orang lain.
2.    The Equalitarian style
Gaya komunikasi ini ditandai dengan berlakunya arus penyebaran pesan-pesan verbal secara lisan maupun tertulis yang bersifat dua arah. Dalam gaya ini, komunikasi dilakukan secara terbuka.
3.    The structuring style
Gaya komunikasi yang terstruktur ini, bermanfaat untuk menyampaikan pesan secara verbal guna menetapkan perintah yang harus dilaksanakan, penjadwalan tugas dan pekerjaan serta striktur organisasi.
4.    The dynamic style
Gaya komunikasi yang dinamis ini, memiliki kecendrungan agresif karena sender memahami bahwa lingkungan pekerjaannya berorientasi pada tindakan.
5.    The relingushing
Gaya komunikasi ini lebiih mencerminkan kesediaan untuk menerima sara, pendapat ataupun gagasan orang lain daripada keinginan untuk memerintah meskipun sender mempunyai hak untuk member perintah.
6.    The withdrawal style
Jika gaya komunikasi ini digunakan maka  akan berakibat pada melemahnya tindak komunikasi, artinya tidak ada keinginan dari orang-orang yang memakai gaya ini untuk berkomunikasi dengan orang lain karena ada beberapa persoalan ataupun kesulitan yang dihadapi oleh orang-orang tersebut.
     K.   Hambatan-hambatan Komunikasi
1.    Filtering
2.    Selective perception
3.    Information overload
4.    Emotions
5.    Language
6.    Silence    
7.    Communication apprehension
8.    Gender differences
9.    Politically correct comuication
10. Personal barriers
11. Physical barriers
12. Semantic barriers
    L.    Teknik Berkomunikasi Secara Efektif
1.    Melakukan kontak mata
2.    Hindari lah untuk mengevaluasi lebih awal terhadap pembicara
3.    Hindari pemberian bumbu-bumbu waktu pembicaraan dengan oranglain
4.    Jangan mencampuri pemikiran orang lain yang sedang berbicara atau memotong pembicaraan orang lain
5.    Jangan menghindarkan diri untuk mendengarkan si pembicara
6.    Jangan menginterupsi pembicaraan oranglain
7.    Hindari kecurigaan terhadap yang dibicarakan orang lain
8.    Jangan perhatikan orangnya, tetapi isi pembicaranya
9.    Jangan munafik terhadap diri sendiri
10.  Dengarlah si pembicara
11.  Konsentrasilah pada lawan bicara

Comments

Popular posts from this blog

Perencanaan

Sistem Desain Kerja

Pengertian, Konsep Dasar, dan Fungsi Manajemen